2 Jenis Thalasemia

By   July 22, 2016

2 Jenis Thalasemia,- Thalasemia ialah suatu kelainan darah yang diwariskan, dimana mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang untuk memproduksi hemoglobin dan sel darah merah. Pasien dengan thalasemia memiliki angka lebih rendah dari tingkat normal sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh. Sedangkan hemoglobin itu sendiri memiliki fungsi sebagai pembawa oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Apa jenis dari Thalasemia?

2 Jenis Thalasemia

  1. Alpha thalassemia

    Alpha thalassemia adalah suatu kelainan darah yang dapat mengurangi produksi hemoglobin dalam tubuh. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen menuju ke sel-sel di seluruh tubuh.

    Orang dengan ciri-ciri thalasemia, menyebabkan kurangnya oksigen yang mencapai seluruh jaringan tubuh. Individu yang terkena juga akan memiliki kekurangan sel darah merah (anemia), dan menimbulkan gejala seperti kulit pucat, kelemahan, kelelahan, dan komplikasi yang lebih serius.

    Dua jenis alpha thalasemia dapat menyebabkan masalah kesehatan. Jenis yang lebih parah dikenal sebagai hemoglobin Bart hydrops fetalis syndrome atau sindrom Hb Bart. Bentuk yang lebih ringan disebut penyakit Hbh.

    Sindrom Hb Bart ditandai dengan hydrops fetalis, yaitu suatu kondisi dimana kelebihan cairan menumpuk di dalam tubuh sebelum kelahiran. Tanda dan gejala berat dapat mencakup anemia berat, pembesaran hati dan limpa, cacat jantung, dan kelainan sistem kemih atau genitalia. Sebagian besar bayi dengan kondisi ini akan mengalami kematian sebelum lahir atau kematian segera setelah lahir. Sindrom Hb Bart juga dapat menyebabkan komplikasi serius bagi perempuan selama masa kehamilan, termasuk tekanan darah tinggi disertai dengan pembengkakan, kelahiran prematur, dan pendarahan abnormal. Obat Kelainan Darah Thalasemia

    Penyakit Hbh menyebabkan anemia ringan, hepatosplenomegali, dan mata serta kulit meguning. Beberapa individu yang juga terkena memiliki perubahan tulang seperti pertumbuhan berlebih dari rahang atas dan dahi tidak menonjol. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak usia dini, dan individu yang terkena biasanya hidup sampai mereka dewasa.

  2. Beta thalassemia

    Beta thalasemia juga merupakan suatu kelainan darah yang dapat mengurangi produksi hemoglobin dalam tubuh.

    Pada orang yang menderita beta thalasemia, rendahnya tingkat hemoglobin menyebabkan kurangnya oksigen di banyak bagian tubuh. Individu dengan beta thalasemia juga beresiko memiliki kekurangan sel darah merah (anemia), dan menyebabkan kulit pucat, kelemahan, kelelahan, dan komplikasi yang juga lebih serius. Orang dengan beta thalasemia berada pada peningkatan resiko terjadinya pembekuan darah yang abnormal.

    Beta thalasemia dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, tergantung pada tingkat keparahan gejala yaitu : thalassemia mayor (atau disebut juga anemia cooley) dan thalasemia intermedia. Dari dua jenis tersebut, thalasemia mayor merupakan kondisi yang lebih parah.

    Tanda-tanda dan gejala thalasemia mayor muncul dalam 2 tahun pertama kehidupan. Anak-anak mengembangkan gejala anemia yang dapat mengancam jiwa, mereka akan mengalami penghambatan pada berat badan dan pada proses pertumbuhan, juga menguningnya kulit (jaundice). Selain itu individu yang terkena juga mungkin memiliki pembesaran limpa, hati, dan jantung dan kecacatan pada tulang-tulang mereka. Pada beberapa remaja dengan thalasemia menyebabkan pubertas menjadi tertunda.

    Banyak orang dengan thalassemia mayor memiliki gejala berat seperti, membutuhkan transfusi darah demi mengisi pasokan sel darah merah pada tubuh mereka, transfusi darah yang terus menerus dengan kandungan zat besi dari transfusi darah kronis, dapat menyebabkan penumpukan zat besi dalam tubuh, sehingga menimbulkan masalah hati, jantung, dan hormon.

    Thalassemia intermedia merupakan gejala yang lebih ringan dari thalassemia mayor. Tanda dan gejala thalasemia intermedia muncul pada anak usia dini atau pada kemudian hari. Individu yang terkena akan mengalami anemia ringan hingga sedang juga mengalami kelainan pertumbuhan yang lambat. Obat Kelainan Darah Thalasemia

Posted by : http://www.caramengobatisinusitis.rahasiaherbal.com

2 Jenis Thalasemia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *