Apa Saja Manfaat Nanas Untuk Sinusitis?

By   May 18, 2016

Apa Saja Manfaat Nanas Untuk Sinusitis?,- Selain sebagai selai, ternyata nanas punya segudang manfaat untuk kesehatan lho. Tahukah kamu apa saja kandungan dan manfaat dari buah nanas? Di Amerika Tengah dan Selatan, nanas telah dipergunakan sebagai obat selama bertahun-tahun. Dan secara tradisional, nanas juga telah dipergunakan untuk sejumlah kondisi medis, termasuk penyumbatan yang diakibatkan sinus.

Dalam klasifikasi atau sistematika tumbuhan (taksonomi), nanas termasuk dalam famili bromiliaceae. Nanas adalah salah satu dari beberapa bromeilia yang dapat menghasilkan buah yang dapat dimakan. “Nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan mangan” kata salah seorang ahli gizi Laura Flores di San Diago, dia juga menambahkan “Dalam buah nanas juga terdapat kandungan mangan yang tinggi, yang baik bagi pertahanan antioksidan. Thiamin, dan Vitamin B yang terlibat pada produksi energi”.

Apa Saja Manfaat Nanas Untuk Sinusitis

Apa Saja Kandungan Nanas ?

Apa Saja Manfaat Nanas Untuk SinusitisThe World’s Healthiest Foods mengungkap bahwa kandungan vitamin C pada 165 g nanas mencapai 105,1 % kebutuhan per hari. Sedangkan kandungan mangannya mencukupi 76,5 % kebutuhan per hari. Vitamin C adalah antioksidan kuat dan diperlukan untuk membangun kolagen, yang menjaga kulit agar tampak lebih muda dan elastis, dan juga membantu menyembuhkan luka.

Selain itu, ekstrak inti buah dan batang nanas banyak mengandung enzim proteolitik bromelain yang dapat membantu memecah protein. Nanas pun kaya akan tembaga, serta mengandung cukup banyak vitamin B1, vitamin B6, serat pangan, folat, dan asam pantotenik. Vitamin A juga ditemukan dalam nanas meski dalam jumlah kecil.

Beberapa penelitian juga sedang dilakukan terhadap enzim yang dihasilkan nanas yaitu bromelain. Bromelain yang ditemukan pada nanas dapat membantu mengobati penyakit yang berbeda-beda. Bromelain adalah salah satu bahan dalam Phlogenzym, obat resep untuk mengobati arthritis. Menurut National Institutes of Health, bromelain juga merupakan pengobatan efektif untuk nyeri sendi. Hal ini juga digunakan untuk mengobati nyeri otot setelah latihan, nyeri lutut, luka bakar yang parah dan peradangan. Bromelain juga dapat membantu mengurangi pembengkakan setelah operasi atau cedera dan dapat membantu untuk mengobati demam. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum efektivitas bromelain untuk kegunaan lain dapat dinilai.

Manfaat Nanas untuk Sinusitis

Apa Saja Manfaat Nanas Untuk Sinusitis

Nanas telah digunakan untuk mengobati beberapa kondisi sinus. Komisi E Jerman yaitu sebuah panel ahli yang mereview obat-obatan herbal di Jerman, menyetujui jika kandungan bromelain yang ditemukan pada batang dan jus nanas, dapat dijadikan pengobatan untuk mengurangi pembengkakan atau peradangan pada hidung atau sinus setelah telinga, hidung atau operasi tenggorokan. Karena kandungan bromelain dapat berguna dalam mengurangi peradangan dalam kondisi seperti arthritis, dapat disimpulkan bahwa kandungan bromelain dalam nanas dapat juga membantu mengurangi atau mengobati peradangan sinusitis.

Penelitian awal menunjukkan, bahwa bromelain dari nanas mungkin efektif dalam mengobati gangguan sinus yang spesifik. Dalam “Otolaryngology – Head and Neck Surgery” tahun 2016, memeriksa tiga penelitian yang menguji bromelain sebagai pengobatan untuk sinusitis akut atau kronis. Studi ini menemukan bahwa bromelain mungkin menjadi alternatif perawatan tambahan yang efektif dalam sinusitis akut. Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2005 dan diterbitkan dalam “In Vivo” menyelidiki penggunaan bromelain pada anak dengan sinusitis akut. Para peneliti juga menemukan bahwa bromelain berguna dalam pengobatan sinusitis pada anak-anak. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Menurut University of Maryland Medical Center, bromelain dapat membantu mengurangi batuk dan lendir hidung yang berhubungan dengan sinusitis, dan meringankan pembengkakan dan peradangan yang disebabkan oleh demam. Menurut drugs.com, bromelain memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada kebanyakan obat-obatan kimia.

Baca juga artikel : Makanan Sehat Untuk Sinusitis

Waspada !!

Meskipun bromelain memiliki toksisitas yang sangat rendah, konsultasikan dengan dokter apakah boleh jika mengkonsumsi nanas untuk pengobatan sinus yang sedang Anda derita. Bromelain pada nanas dapat berinteraksi dengan obat tertentu jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Beberapa orang mengalami pembengkakan karena terlalu banyak mengkonsumsi nanas dalam porsi yang besar. Menurut Drugs.com potensi efek samping lainnya yang ditimbulkan dari banyaknya mengkonsumsi nanas diantaranya mual, diare, ruam kulit, muntah dan aliran menstruasi yang berlebihan. Jus dari nanas mentah dapat menyebabkan muntah parah. Waspadai juga untuk ibu yang sedang hamil karena, para peneliti mengklaim bahwa kandungan bromelian pada nanas memiliki efek melemahkan leher rahim dan bisa menyebabkan rahim berkontraksi, atau beresiko keguguran dan menimbulkan masalah pencernaan.

Itulah beberapa informasi mengenai apa saja manfaat nanas untuk sinusitis, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat.

Anda Mencari Obat Sinusitis Tanpa Efek Samping ??

Sangat Tepat Kedatangan Anda di Ramdan Herbal
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Sinusitis Herbal untuk Semua Usia

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati sinusitis secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Obat Sinusitis Tradisional

Apa Saja Manfaat Nanas Untuk Sinusitis

One Comment on “Apa Saja Manfaat Nanas Untuk Sinusitis?

  1. Pingback: Nah Ini Dia Manfaat Cuka Sari Apel Untuk Sinusitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *