Apakah Infeksi Sinusitis Menular?

By   June 14, 2016

Apakah Infeksi Sinusitis Menular? Seringkali, pertanyaan itu terlintas di benak seseorang yang mengalami sinusitis. Perlu Anda ketahui bahwa dalam kebanyakan kasus, sinusitis tidak menular, namun tergantung pada penyebab timbulnya sinusitis. Tetapi para ahli tidak setuju mengenai penularan infeksi sinus. Karena disebabkan oleh bakteri dan virus, sebagian besar dokter berpikir bahwa kebanyakan orang tidak menularkan infeksi sinus. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi kadang-kadang sinusitis juga dapat menyebar ke orang lain.

Apakah Infeksi Sinusitis Menular ?

Apakah Infeksi Sinusitis Menular?

Bakteri Infeksi Sinus

Bakteri sinusitis kadang-kadang dapat menyebabkan infeksi virus pernafasan bagian atas (seperti pilek atau flu). Bakteri umum yang menyebabkan infeksi sinus termasuk :

  • Streptococcus Pneumonia
  • Staphylococcus Aureus
  • Haemophilus Influenza
  • Catarrhalis Moraxella

Menurut Infectious Disease Society of America, infeksi bakteri sinus lebih mungkin terjadi pada orang dewasa dan anak-anak jika gejala yang hadir selama lebih dari 10 hari atau lebih parah (misalnya, nasal discharge atau nyeri wajah yang berlangsung lebih dari tiga sampai empat hari, demam dari 102 derajat F atau lebih tinggi).

Viral Infeksi Sinus

Virus pernafasan yang menyebabkan pilek, flu dan sinusitis tersebar sebagian besar melalui kontak tangan. Udara kecil yang dihasilkan dari hidung atau batuk adalah pembawa utama virus pernafasan. Virus pernafasan menyebar sangat cepat terutama di kalangan anak-anak, seperti di sekolah dan lingkungan penitipan anak. Virus umum yang menyebabkan pilek dan sinusitis termasuk rhinovirus dan virus influenza A dan B. Anak-anak muda dari usia dua tahun dan orang dewasa yang berumur lebih dari 65 tahun memiliki resiko tinggi terkena flu.

Cara Mencegah Sinusitis Menular

Ada banyak cara sebagai tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi penyebaran infeksi sinus, melalui virus pernafasan :

  • Kebersihan Tangan
  • Menggunakan Masker
  • Vaksinasi
  • Jarak Sosial

Mencuci tangan dengan sabun dan air, atau menggunakan desinfektan tangan dengan sanitizer dapat mengurangi kemungkinan penularan dari virus pernafasan. Mengenakan masker wajah juga dapat mengurangi penyebaran virus yang menyebabkan sinusitis. Vaksin pneumokokus dan vaksinasi flu dapat membantu mencegah infeksi bakteri/virus dan pneumokokus sinusitis.

Pencegahan Sinusitis

Ada beberapa langkah praktis yang dapat membantu mencegah sinusitis non-menular dan mengurangi resiko infeksi sinus, diantaranya :

  1. Mengurangi kemungkinan pertumbuhan jamur dengan menjaga rumah Anda agar tetap bersih.
  2. Jika Anda rentan terkena sinusitis kronis, Anda dapat menggunakan nebulizer, douche, neti pot yang akan membantu menjaga bagian dalam hidung anda lembab.
  3. Pembilasan hidung menggunakan air garam, berguna untuk mengurangi pembengkakan di saluran hidung dan menyingkirkan puing-puing menular dan alergen.
  4. Berhenti merokok
  5. Menghindari hal yang menyebabkan Anda alergi.
  6. Menjaga pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral baik untuk kesehatan. (baca juga: makanan yang dianjurkan untuk penderita sinusitis)

Itulah penjelasan mengenai Apakah Infeksi Sinusitis Menular? Alangkah lebih baik bila kita selalu menerapkan tindakan pencegahan sebelum penyakit tersebut terjadi. Semoga penjelasan tersebut dapat sedikit membantu memberikan informasi mengenai pertanyaan anda tentang sinusitis menular atau tidak.


Apakah Anda Sedang Mencari Obat Sinusitis Herbal Tanpa Efek Samping ??

Sangat Tepat Kedatangan Anda di Ramdan Herbal
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Sinusitis untuk Bayi, Anak, Dewasa, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati sinusitis secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Obat Sinusitis Terlaris

Apakah Infeksi Sinusitis Menular?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *