Pendapat Para Ahli Kandungan Teripang Untuk Sinusitis

By   June 17, 2016

Pendapat Para Ahli Kandungan Teripang Untuk Sinusitis, sudah tak asing lagi bila kita membahas mengenai kandungan teripang yang baik untuk kesehatan. Para ahli sudah melakukan pengujian terhadap kandungan aktif yang terdapat pada teripang diantaranya memiliki : 9 jenis karbohidrat, 59 jenis lemak, 19 jenis asam amino, 25 komponen vitamin, 10 jenis mineral, dan 5 jenis sterol.

Pendapat Para Ahli Kandungan Teripang Untuk Sinusitis

Sinusitis sendiri merupakan penyakit peradangan sinus, yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi ini dapat mengancam kesehatan bahkan jika dibiarkan akan dapat menyebar ke otak. Penyakit sinus sendiri sangat menganggu dan menyebabkan nyeri pada bagian-bagian tertentu, gejala yang ditimbulkan pun diantaranya : hidung tersumbat, sakit kepala, nyeri pada gigi, batuk, demam, sakit tenggorokan, menyebabkan bau mulut, berkurangnya indra pengecap dan penciuman,dll.

Pendapat Para Ahli Kandungan Teripang Untuk Sinusitis :

Berikut pendapat para ahli, mengenai kandungan yang terdapat dalam teripang dan baik untuk mengobati sinusitis :

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Ridzwan Hashim dari National University of Malaysia (UKM) menemukan bukti nyata, bahwa teripang mengandung antiseptik alami dan antibakteri dalam membasmi bakteri atau virus. Diantaranya : bakteri Streptococcus faecalis yaitu penyebab pembengkakan lapisan dalam jantung, bakteri S. varidasns penyebab kerusakan katup jantung, bakteri S. pneumoniae yaitu penyebab radang paru-paru dan radang sinusitis, Staphyloccus aureus penyebab meningitis, dan Proteus mirabilis penginfeksi luka.

Berdasarkan penelitian dr Pieter A. W. Pattinama, RS PGI Cikini, Jakarta. Teripang mengandung protein yang sangat tinggi mencapai 86,8% dan kolagen 80,0%, mineral, mukopolikasakarida, glucasaninoglycans, antiseptik alamiah, chondroitin, omega 3, 6 , 9 dan asam amino. Semua kandungan yang terdapat dari teripang tersebut memiliki daya serap yang bisa menurunkan virus yang berada dalam tubuh sehingga tidak ada racun yang mengendap. Kandungan Kolagen dan Mukopolisakarida memiliki peranan yang sangat penting, yaitu mampu menghilangkan rasa sakit dan meregenasi sel-sel yang telah rusak, akibat peradangan. Dengan begitu radang sinusitis bisa cepat teratasi (sembuh) dan pulih kembali.

Selain mengobati sinusitis, beberapa ahli juga menyebutkan bahwa teripang baik untuk beberapa penyakit kronis maupun non kronis lainnya.

Berikut Hasil Penelitian yang Dilakukan Oleh Beberapa Ahli di Dunia :

  • Menurut Penelitian Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI. Dalam teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk diberikan pada penderita diabetes melitus. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulinpun meningkat.
  • Menurut Penelitian Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Mereka menyatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang golden stichoupus variegatus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.
  • Menurut Penelitian Prof. Dr. Ridzwan Hashim dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Teripang mengandung 86,8% protein, protein teripang mudah diuraikan oleh enzim pepsin. Dari jumlah itu sekitar 80,0% berupa kolagen yang berguna sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan kulit. Dalam pertumbuhan tulang, suplemen kalsium saja tidak cukup, lantaran tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi. Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah seperti kaca. Sebaliknya bila tanpa kalsium, tulang akan kenyal seperti karet. Untuk itu diperlukan komposisi yang seimbang.
  • Menurut Penelitian Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia. Dalam sebuah penelitiannya menyebutkan bahwa teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokkan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang sangat tinggi.
  • Menurut Penelitian Dr Oetjoeng Handajanto Sukajadi, Bandung. Perkenalan dr Oetjoeng Handajanto dengan ekstrak teripang pada 2004. Semula ia menganggap ekstrak teripang hanya suplemen. Ahli terapi kolon itu memberikan ekstrak itu kepada penderita gangren atau luka akibat diabetes mellitus. Dalam hitungan hari, luka pun mengering. Menurut lulusan Fakultas Kedokteran Bochum University, Jerman, itu keampuhan ekstrak teripang kaya kolagen.
  • Menurut Penelitian Dr MIttchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis di New York, Amerika Serikat menunjukkan bahawa teripang memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan fisik bagi penderita radang sendi akibat asam urat. Hal tersebut terjadi akibat glucosamin mampu merangsang tubuh, mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian.
  • Menurut Penelitian Walter Kee Mun Yee (ahli nutrisi), di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat untuk penyakit sendi akibat asam urat. Ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan, teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin. Kondroitin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosamin merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita penyakit asam urat.
  • Menurut Penelitian Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Institute of Hematology, Shanghai Second Medical University, China mengungkap teripang anti penggumpalan dan pembekuan darah. Itu dikarenakan adanya senyawa glukosaminoglikan. Pada konsentrasi 5 mikrogram/ml, glukosaminoglikan mampu menyembuhkan stroke iskemik otak dan penyakit jantung iskemik. Kinerjanya dengan menghambat aktivitas pembekuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin, enzim pengurai protein plasma darah yang menurunkan kekentalan darah. Itu terjadi saat pelukaan sehingga darah membeku.
  • Menurut Penelitian Elizabeth E. Gana dan Dr Florina E. Merca dari Universitas Los Banos, Filipina. Penelitian pada akhir 2002 itu mengungkap teripang cokelat bergenus Holothuria mengandung lektin, protein tanpa kekebalan yang berinteraksi dengan gula, tetapi tidak menyatu menjadi produk baru. Senyawa itu mirip jakalin, lektin tumbuhan penghambat perkembangbiakan sel HIV. Ia bekerja dengan cara menggumpalkan sel jahat yang masuk dan menghancurkannya
  • Menurut Penelitian Tong Y, dkk, dari Divisi Farmakologi Antitumor, State Key Laboratory of Drug Research, Shanghai Institute of Materia Medica, Chinese Academy of Sciences, Shanghai, Cina. Tong mengisolasi saponin sulfat dari teripang Pentancta quadrangulari yang disebut philinopside A. Dengan menyuntikkan 2-10 mikroliter philinopside A pada aorta tikus, sanggup mencegah pembentukan pembuluh darah mikro baru (angiogenesis) pada sel tumor. Akibatnya, sel tumor tidak mendapat pasokan nutrisi sehingga sel urung berkembang dan akhirnya mati. Hasil itu membuktikan bahwa philinopside A pada teripang berpotensi sebagai antitumor.
  • Menurut Penelitian Dari hasil penelitian para ilmuan, mengungkapkan bahwa teripang memiliki kandung “CELL GROWTH FACTOR” atau Factor Regenerasi Sel. karena itu, teripang mampu merangsang regenerasi sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak, mati, bahkan membusuk sehingga dapat menjadi normal kembali. Misalnya pada kasus Diabetes Melitus, selain diminum teripang ini juga dapat di oleskan pada luka yang sudah membusuk, luka bakar, penyakit kulit, bahkan yang nyaris di amputasi. Ini menujukan bahwa kandungan yang ada di dalam teripang emas ini mampu bekerja dengan baik sehingga luka dapat dipulihkan kembali dengan cepat.
  • Menurut Penelitian Studi di China mengungkapkan bahwa Sea Cucumber (Teripang, Tripang, Gamat) juga mengandung saponin glycosides. Komponen ini mempunyai suatu struktur yang serupa dengan komponen ginseng yang aktif, ganoderma, dan tumbuh-tumbuhan bumbu tonic yang terkenal. Studi di China ini menunjukkan adanya anti kanker pada saponin dan polisakarida yang terkandung di dalam Sea Cucumber. Studi modern ini membuktikan bahwa Sea Cucumber dapat digunakan sebagai suatu tonik dan suplemen gizi.

 

Itulah beberapa pendapat para ahli kandungan teripang untuk sinusitis, dan untuk berbagai macam penyakit lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah informasi untuk kita semua.

Salam sehat,

Posted by : http://www.caramengobatisinusitis.rahasiaherbal.com/

Pendapat Para Ahli Kandungan Teripang Untuk Sinusitis

One Comment on “Pendapat Para Ahli Kandungan Teripang Untuk Sinusitis

  1. Pingback: Produk Herbal QnC Jelly Gamat Berkhasiat Mengobati Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *