Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak dan Pengobatannya

By   August 4, 2016

Inilah Gejala dan Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak serta Solusi Pengobatannya yang Direkomendasikan para Ahli, 100% ALAMI, Aman dan TANPA EFEK SAMPING

Ketika orang tua mendengar anak mereka memiliki penyakit ginjal, mungkin banyak dari para orang tua bertanya-tanya apa yang bisa mereka lakukan untuk segera mengobatinya. Dalam kebanyakan kasus yang terjadi tidak ada yang tahu bagaimana anak mereka bisa mengalami penyakit ginjal, berfokus pada apa yang dapat mereka lakukan sekarang seperti mendapatkan perawatan yang tepat, mengikuti saran dari dokter, dan bekerja sama dengan tim medis kesehatan anak anda dan mempelajari semua hal mengenai penyakit ini, adalah cara terbaik yang dapat anda lakukan untuk membantu anak anda setelah didiagnosis.

Tahukah Anda, Apa Yang Dimaksud Ginjal Bocor ?

Ginjal bocor atau yang lebih sering kita dengar dengan istilah sindrom nefrotik adalah suatu kondisi yang menyebabkan ginjal bocor akibat dari kelebihan jumlah besar protein dalam urin. Hal ini menyebabkan berbagai masalah, termasuk terjadinya pembengkakan jaringan tubuh dan resiko lebih besar terhadap infeksi yang lebih serius.

Sindrom nefrotik dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, namun biasanya pertama kali seseorang didiagnosis terutama pada anak-anak ialah pada usia antara 2-5 tahun. Dalam kebanyakan kasus penderita lebih banyak terjadi pada anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan. Sejumlah anak-anak yang memiliki sindrom nefrotik biasanya memiliki bawaan (warisan) penyakit tersebut dari riwayat keluarganya, dan mungkin mereka memiliki gejala gagal ginjal dan membutuhkan transplantasi ginjal.

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak dan Pengobatannya

Sebagian besar anak-anak dengan sindrom nefrotik memiliki “penyakit perubahan minimal”, yang berarti ginjal tampak normal atau mendekati normal, jika sample jaringan dipelajari di bawah mikroskop. Penyakit perubahan minimal memang tidak diketahui, namun dalam kondisi ini menyebabkan glomeruli menjadi terpengaruh, meskipun perubahan ini begitu kecil dan tidak bisa dilihat di bawah mikroskop biasa, hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron scanning.

Sindrom nefrotik kadang-kadang dapat terjadi sebagai akibat dari masalah ginjal atau kondisi lain, seperti:

  • Glumerulosklerosis (ginjal memiliki bekas luka)
  • Glomerulonefritis (peradangan dalam ginjal)
  • Infeksi, seperti virus HIV dan hepatitis (baca juga: obat hepatitis)
  • Lupus
  • Diabetes
  • Anemia sel sabit
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, jenis kanker tertentu dapat menyebabkan masalah ginjal seperti : leukemia, multiple myeloma, atau limfoma

Meskipun masalah-masalah tersebut lebih umum terjadi pada orang dewasa dengan sindrom nefrotik.

Apa Saja Gejala Awal Penyakit Ginjal Bocor Pada Anak?

Masalah utama sindrom nefrotik adalah pada ginjal, khususnya glomeruli, yang menyebabkan kebocoran protein, dalam jangka panjang jika ini dibiarkan maka akan menimbulkan penurunan fungsi ginjal dan menyebabkan gagal ginjal. Gejala awal dari sindrom nefrotik adalah hilangnya protein, protein mempunyai peranan penting dalam tubuh kita untuk membantu dalam mengatur air dalam pembuluh darah kita. Ketika protein hilang dalam urin, anak-anak dengan sindrom nefrotik akan mengalami pembengkakan.

Kandungan protein dalam tubuh juga sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh, jika antibodi hilang, maka anak-anak lebih mungkin untuk mendapatkan infeksi. Selain itu gejala ini juga dapat menyebabkan anak-anak mengalami kesulitan dalam pertumbuhan dan perkembangan. Protein yang berfungsi untuk mencegah darah dari pembekuan, juga hilang dalam urin. Hal ini membuat anak-anak dengan sindrom nefrotik rentan terhadap pembekuan darah.

Pengobatan Rumah terhadap Ginjal Bocor Pada Anak

  1. Perubahan pola makan
    Untuk mencegah retensi air lebih lanjut atau endema, anda mungkin disarankan untuk mengurangi jumlah garam dalam diet anak anda. Ini berarti anda harus menghindari makanan olahan dan tidak menambahkan garam untuk apa yang anak anda makan.
  2. Mengontrol urine anak anda
    Anda harus memantau kondisi mereka setiap hari untu memeriksa tanda-tanda kambuh. Yang perlu anda lakukan adalah anda harus menggunakan dipstick untuk menguji urine anak anda terhadap protein ketika anak anda buang air kecil pertama kalinya setiap hari. Hasil test dipstick dicatat sebagai salah satu dari :
    Negatif – 0mg proteinuria per desiliter urin (mg / dL)
    ♦ jejak – 15-30mg / dL
    ♦ 1+ – 30-100mg / dL
    ♦ 2 + – 100-300mg / dL
    ♦ 3 + – 300 / 1.000 mg / dL
    ♦ 4 + – lebih dari 1.000 mg / dL 

    Hasil ini setiap hari harus ditulis dalam buku harian dokter atau perawat spesialis untuk meninjau selama proses rawat jalan anak anda. Jika dipstick menunjukkan 3+ atau kelebihan kadar protein dalam urin selama tiga hari berturut-turut, ini berarti akan timbulnya penyakit ginjal bocor. Jika hal ini terjadi, anda harus segera mencari tenaga medis jika :
    Anak anda mengalami kontak langsung terhadap seseorang yang memiliki cacar air atau campak, sebagaimana dokter anda telah berpesan bahwa anak anda tidak kebal terhadap penyakit itu.
    Anda anda terlihat tidak sehat atau demam.
    Anak anda mengalami diare dan muntah.

Satu-satunya cara untuk mencegah terjadinya sindrom nefrotik adalah untuk selalu mengontrol penyakit yang dapat menyebabkan hal tersebut. Jika anak anda memiliki penyakit yang merusak ginjal, segera konsultasikan dengan dokter dan lakukan pengobatan ginjal bocor pada anak demi untuk menghindari resiko yang lebih parah.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab ginjal bocor pada anak dan pengobatannya, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan sedikit membantu, terutama para orang tua yang sedang dalam tahap merawat anak yang mengalami gejala serupa.

Salam sehat… by www.caramengobatisinusitis.rahasiaherbal.com


Apakah Anda Sedang  Mencari Obat Sindrom Nefrotik yang ALAMI??

Sangat Tepat Kedatangan Anda di Ramdan Herbal
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Ginjal Bocor untuk Bayi, Anak, Dewasa, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati ginjal bocor secara tradisional dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

Informasi Lengkap >> Obat untuk Penyakit Ginjal Bocor

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak dan Pengobatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *