Tips Menangani Sinusitis Di Rumah

By   May 13, 2016

Tips Menangani Sinusitis Di Rumah,- Pernahkah Anda merasakan sakit kepala? Atau sakit tenggorokan yang disertai dengan hidung tersumbat? Dan nafas terasa berbau tidak sedap serta daya penciuman menjadi berkurang? Jika iya, maka mungkin anda terkena gejala penyakit sinusitis.

Penyakit sinusitis jika tidak ditangani dengan cepat, maka akan sangat berbahaya dan berdampak tidak baik bagi beberapa organ lainnya, terutama rongga kepala. Anda bisa melakukan pengobatan ke dokter dan meminum obat sinusitis resep dokter. Tetapi, itu saja ternyata tidak cukup, anda juga sebaiknya melakukan cara penanganan sinusitis di rumah. Terdapat beberapa tips mengobati sinusitis di rumah yang bisa anda lakukan dengan mudah yaitu dengan cara-cara di bawah ini.

APA SAJA TIPS MENANGANI SINUSITIS DI RUMAH ??

Tips Menangani Sinusitis Di Rumah

  • Menggunakan Uap Air
    Anda bisa lakukan dengan memanaskan air lalu menghirup uapnya, Penghirupan uap ini sangat berguna dalam penanganan sinusitis di rumah. Pasalnya, kelembaban yang dihasilkan uap air dapat mengurangi penyumbatan pada sinus. Anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan uap air dari shower atau pancuran. Bagi anda yang tidak mempunyai shower air panas, bisa juga dengan menggunakan uap air yang dihasilkan dari air yang baru saja dimasak.
  • Mengkompres Dengan Air Hangat
    Selain menggunakan terapi uap air, anda juga bisa melakukan terapi lain seperti dengan menghangatkan area batang hidung anda dengan kompres hangat, ini juga berguna untuk membantu rongga sinus dan hidung yang tersumbat menjadi lebih longgar.
  • Hindari Segala Sesuatu Yang Berasap
    Anda sebaiknya menghindari asap rokok dan segala produk semprotan seperti : hair spray. Selain asap rokok, produk kebersihan dan produk kecantikan yang memiliki bau tajam juga dapat memperparah penyakit sinusitis. Pilihlah produk yang memiliki bau natural atau alami, tidak mengandung senyawa kimia yang berbau keras.
  • Perbanyak Minum Air Putih
    Memperbanyak minum air putih merupakan langkah wajib yang harus dilakukan dalam penanganan penyakit sinusitis di rumah. Dengan memperbanyak minum air putih, lendir yang bengkak akan berangsur-angsur menipis dan akan mendorong aliran lendir tersebut keluar dari hidung. Hindari mengkonsumsi kafein atau alkohol, karena hanya akan memperparah peradangan pada sinus.

Baca juga artikel : Pantangan Makanan Bagi Penderita Sinusitis

  • Lavage Nasal / Pencucian Hidung
    Lavage nasal atau pencucian hidung juga bisa menjadi salah satu penanganan penyakit sinusitis di rumah. Hal ini dapat membantu dalam pembersihan hidung dan juga memperlancar aliran sinus. Pertama anda dapat mencuci hidung dengan larutan garam ringan. Hal ini berguna mengeluarkan lendir di dalam rongga hidung yang sudah menebal dan alergen penyumbatan sinus. Pencucian dapat dilakukan dengan menyemprotkan larutan ke salah satu lubang hidung menggunakan neti pot dan keluar dari lubang hidung lainnya. Selama pencucian hidung, bernafaslah dengan menggunakan mulut.
  • Minum Air Hangat
    Air hangat dapat membantu melonggarkan dan memecah lendir, juga meringankan sakit “tekanan” yang sering dirasakan ketika infeksi sinus. Sensasi hangat yang ditimbulkan juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan merangsang aliran darah untuk penyembuhan yang lebih cepat.
  • Jangan Sering Membungkukkan Badan.
    Jika anda sering melakukan hal tersebut, sebaiknya hindari karena itu hanya akan memperburuk peradangan yang ada di rongga sinus anda menjadi terasa semakin sakit. Untuk mengobati sinusitis di rumah, anda harus ekstra hati-hati terutama dalam menggerakan kepala anda.
  • Menempati Ruangan Dengan Temperatur Yang Sama / Menggunakan Humidifier
    Jika anda memiliki AC di rumah, maka ada baiknya anda selalu mengatur suhu kamar anda dengan temperatur yang selalu sama. Temperatur yang terlalu panas atau terlalu dingin tiba-tiba bisa menyebabkan sinusitis menjadi semakin parah. Humidifier juga membantu untuk menjaga udara lembab saat anda tidur, dan membuat anda lebih nyaman.
  • Menggunakan Terapi / Suplemen Herbal
    The American Academy of Otolaryngology mencatat bahwa, para ahli Cina menggunakan bunga magnolia sebagai obat untuk sinus yang menyebabkan hidung menjadi tersumbat. Dalam hubungannya dengan herbal lain, seperti angelica, mint dan krisan mereka menulis, “sering direkomendasikan untuk infeksi saluran pernafasan atas dan sakit kepala yang diakibatkan sinus, meskipun efektivitasnya untuk masalah ini belum ilmiah dikonfirmasi”.
  • Memakan Makanan Pedas
    Anda tahu kan bagaimana efek pedas yang dihasilkan cabai? The New York Times mencatat bahwa makanan yang mengandung cabai atau lobak dapat membantu dengan jelas untuk penyakit sinus. Sebagian masyarakat juga mengkonfirmasi bahwa masakan pedas seperti : mustard, kari dan wasabi dapat membantu sinus.
  • Tidur Yang Cukup
    Dengan cukup beristirahat, tubuh dibantu untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan sinusitis. Tidur dengan posisi kepala tinggi juga membantu dalam mengalirkan cairan keluar dari hidung, sehingga mengurangi hidung tersumbat.

Nah, itulah beberapa tips menangani sinusitis di rumah yang dapat anda coba. Pastikan untuk segera menanganinya dengan cara yang tepat, sehingga tidak menimbulkan dampak berkepanjangan.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba di rumah ya..

Salam sehat… ^_^


Apakah Anda Sedang Mencari Obat Sinusitis ALAMI Tanpa Efek Samping ??

Sangat Tepat Kedatangan Anda di Ramdan Herbal
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Sinusitis untuk Bayi, Anak, Dewasa, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati sinusitis secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Herbal Obat Sinusitis Terbaik

Tips Menangani Sinusitis Di Rumah

2 Comments on “Tips Menangani Sinusitis Di Rumah

  1. Pingback: Apa Penyakit Sinusitis dan Bagaimana Gejala, Cara Pengobatannya?

  2. Pingback: Berbahayakah Sinusitis Maksilaris? | Gejala Dan Penyebab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *