Penyembuhan Sinusitis Akibat Rokok

By   June 20, 2016

Penyembuhan Sinusitis Akibat Rokok,- Apakah Anda perokok berat? Tahukah anda, jika salah satu penyebab terjadinya infeksi sinusitis adalah rokok? Rokok adalah penyebab umum dari gangguan THT, termasuk sinusitis kronis. Paparan asap rokok yang berbahaya juga dapat meningkatkan resiko gangguan THT. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai berbahayanya kandungan di dalam rokok, mari kita bahas mengenai fungsi normal dari saluran hidung.

Penyembuhan Sinusitis Akibat Rokok

Saluran Hidung

Bagian hidung bertindak sebagai pelindung atau penghalang pertama dalam tubuh untuk mencegah masuknya infeksi atau virus. Terdapat sel-sel tertentu dalam hidung dan pada bagian saluran nafas yaitu sel epitel, yang bertanggung jawab dalam menangkap dan menghapus virus maupun zat berbahaya, sebelum mereka masuk ke dalam tubuh. Penghapusan ini terjadi melalui cairan permukaan saluran nafas dan rambut halus yang terdapat di bagian dalam hidung seperti struktur yang disebut silia. Silia berfungsi sebagai penyapu puing-puing lendir yang tidak diinginkan untuk kembali ke luar tubuh.

Hubungan Rokok dan Sinusitis

Penyembuhan Sinusitis Akibat Rokok

Merokok adalah salah satu penyebab yang berkontribusi terhadap penyakit paru-paru dan masalah pernafasan lainnya, termasuk sinusitis. Asap yang dihasilkan dari rokok dapat merusak rambut halus atau silia. Asap rokok (baik dengan merokok atau yang terkena paparan asap rokok) dapat mengiritasi selaput lendir halus dan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan pernafasan, dan pembengkakan dan ketidaknyamanan pada penderita sinusitis.

Efek berbahaya dari merokok terjadi terutama pada sistem pernafasan. Asap rokok adalah salah satu iritasi yang paling terkenal dapat memperburuk saluran pernafasan, pengidap asma maupun sinusitis. Ketika anda terus menerus menghirup asap yang dihasilkan rokok, silia anda menjadi terganggu dan mengakibatkan perlambatan drainase hidung. Pada penderita sinusitis lendir mungkin akan menumpuk di rongga sinus sehingga menyebabkan lebih banyak kemacetan yang dapat mengakibatkan sakit kepala sinus atau infeksi sinus.

Berikut beberapa kandungan berbahaya dalam rokok yang dapat menganggu kesehatan, diantaranya :

  • Nikotin, dapat mengakibatkan kanker serta merusak struktur DNA.
  • Benzene, dapat mengakibatkan kanker darah.
  • Arsenik, logam yang dapat meracuni darah dengan mudah.
  • Tar, dapat menyebabkan gangguan seperti : kanker, impotensi, penyakit jantung, penyakit darah, bronkhitis kronis, enfisema, dan gangguan kehamilan dan janin.
  • Formaldehida, zat ini merupakan bahan kimia yang berfungsi untuk mengawetkan mayat.
  • Aseton, kandungan aseton dalam rokok sangat berbahaya jika melewati saluran udara serta berkumpul di paru-paru.
  • Karbon monoksida, dapat menimbulkan kerusakan pada paru-paru dan beresiko menyebabkan penyakit koroner.
  • Amonia, bahan kimia ini dapat mengakibatkan rasa pusing juga mengakibatkan kecanduan.
  • Kadmium, dapat mengakibatkan kerusakan ginjal.
  • Nitrogen Oksida, gas beracun ini dapat mengakibatkan radang paru-paru.
  • Kromium, mengakibatkan kanker.
  • Naftalena, merupakan bahan kapur barus yang berfungsi mengusir serangga.
  • Hidrogen sianida, zat ini dapat merusak silia di saluran bronkial serta paru-paru.
  • Timbal, kadar timbal yang tinggi dalam darah dapat mengakibatkan keracunan bahkan kematian.
  • Kumarin, zat adiktif organik yang dapat menyebabkan penyakit pendarahan.

baca juga: obat asma yang mujarab

Bagaimana Rokok Dapat Merusak Sinus Anda?

Orang dewasa menghasilkan sekitar dua liter lendir di hidung dan sinus setiap hari. Sebagian lendir ini dilakukan melalui hidung dan menetes ke bagian belakang tenggorokan di mana secara tidak sadar ia tertelan. Pada umumnya kita tidak menyadari proses ini, karena difasilitasi oleh silia.

Asap rokok menghambat silia berfungsi secara normal, yaitu memperlambat sifat pembersihan normal. Ketika silia menjadi rusak akibat asap tembakau, lendir menjadi stagnan dan berkumpul dalam rongga sinus. Ostium (lubang kecil yang mengarah ke dalam sinus hidung) terhalang karena lendir stagnan yang mengental sangat cepat, dan mematikan drainase.

Itulah hubungan antara sinusitis dengan merokok. Semoga artikel ini bermanfaat… Ingat, Penyembuhan sinusitis akibat rokok diawali dengan berhenti merokok. Sebuah studi menunjukkan bahwa kualitas kesehatan seseorang secara keseluruhan akan membaik setelah mereka berhenti merokok, begitupun manfaat kesehatan yang meningkat setelah anda benar-benar berhenti dari merokok, termasuk resiko terkena kanker.

Semoga artikel ini bermanfaat…
Salam sehat, by www.caramengobatisinusitis.rahasiaherbal.com


Anda Mencari Solusi Penyembuhan Sinusitis Akibat Rokok ??

Sangat Tepat Kedatangan Anda di Ramdan Herbal
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Sinusitis Herbal untuk Semua Usia

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati sinusitis secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN QNC JELLY GAMAT KLIK Obat Sinusitis

Penyembuhan Sinusitis Akibat Rokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *