Ini Dia Manfaat Cabai Untuk Sinusitis

By   May 11, 2016

Ini Dia Manfaat Cabai Untuk Sinusitis,- Taukah kamu jika si pedas ini selain sebagai bumbu pelengkap masakan juga ternyata memiliki banyak kandungan manfaat untuk kesehatan, terutama untuk gejala sinusitis ?

Ini Dia Manfaat Cabai untuk SinusitisSalah satu kondisi kesehatan yang paling merepotkan, diantaranya adalah infeksi sinus yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada saluran pernafasan, Menurut Foxhall internis, P.C. Sinusitis adalah suatu peradangan pada lapisan sinus sekitar hidung. Hal ini dapat menyebabkan nyeri wajah atau tekanan, hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan dan bahkan sakit gigi, sakit telinga atau nyeri leher. Penyebab sinusitis sering diakibatkan oleh infeksi. Dalam kasus yang jarang terjadi, banyak yang sampai menyebar ke rongga mata atau otak, bila tidak segera ditangani dengan serius. Banyak orang yang mencari obat alternatif untuk mengurangi infeksi tersebut, diantaranya adalah dengan menggunakan cabai.

Apa Kandungan Yang Terdapat Dalam Cabai ?

Cabai merupakan salah satu tanaman dari anggota genus Capsicum. Cabai sering digunakan dalam memasak hidangan pedas, sebagai bubuk atau dalam bentuk utuh (seperti di Korea, Sichuan, dan masakan Asia lainnya), atau dalam saus tipis, berbasis cuka. Selain sebagai bumbu dalam masakan, cabai juga sering dijadikan sebagai suplemen herbal, dan disebutkan oleh Nicholas Culpeper di Lengkap Herbal nya, 1653. Kandungan dalam cabai meliputi :

127% Vitamin-C (asam askorbat),
39% Vitamin B-6 (Pyridoxine),
54% Niacin,
71% Riboflavin,
1387% Vitamin A,
97,5% Besi,
41% Tembaga,
43% Kalium,

Selain itu cabai juga dikenal memiliki senyawa kimia capsaicin yang tinggi, Capsaicin adalah senyawa yang memberikan rasa pedas pada rempah-rempah, terutama cabai rawit. Capsaicin dalam dalam cabai memiliki sifat analgesik, anti bakteri dan anti karsinogenik.

Apa Manfaat Cabai Untuk Sinusitis ?

Dr Edward Group, menulis pada bulan Juni 2010 untuk situs Global Healing Center, “melaporkan bahwa manfaat kesehatan dari cabai, termasuk kemampuannya adalah untuk memecah dan membantu mengalirkan lendir padat, kemampuannya untuk mengurangi persepsi tubuh yang sakit, anti-inflamasi dan berguna untuk pencegahan alergi. Penggunaannya dalam detoksifikasi juga membantu untuk merangsang sirkulasi, memicu keluarnya keringat, dan sebagai agen anti bakteri. Yang semuanya dapat membantu dalam mencegah atau mengurangi gejala sinusitis”.

Zat capsaicin dalam cabai merangsang sekresi, yang membantu untuk membersihkan lendir dari hidung dan paru-paru dengan membersihkan sinus dan menyebabkan berkeringat.

Menurut Health911.com, pada sebagian masyarakat Amerika cabe sudah dibuat menjadi ekstrak yang berbentuk kapsul dan dikonsumsi penderita setiap hari setelah makan karena dapat membantu untuk membersihkan infeksi sinus. Atau kita cukup melarutkan 1 sdt cabai dalam secangkir air panas atau teh panas tiga kali sehari berguna untuk melebarkan pembuluh darah di hidung dan merangsang sekresi dan membantu mengeringkan sinus. Untuk infeksi sinus kronis, mereka merekomendasikan untuk menghirup sedikit bubuk cabai untuk membersihkan saluran udara.

Perhatian : Jika merasa kepedasan setelah makan cabe, bisa diikurangi dengan minum yogurt segera. Dan hindari menyentuh area bagian mata jika sudah menggunakan cabai .

Tips untuk Menghindari Sinusitis:

  1. Sering cuci tangan Anda, hal ini sangat penting terutama dalam cuaca dingin, karena virus hidup lebih lama pada gagang pintu dan permukaan lainnya.
  2. Jaga pola makan yang seimbang dan olahraga teratur, menurut Harvard Medical School, “Memiliki kesehatan yang baik dapat menjaga sistem kekebalan dalam tubuh anda”.
  3. Berhenti merokok, selain tidak sehat asap rokok juga dapat memperparah peradangan sinus.
  4. Perbanyak minum air putih.
  5. Hindari terlalu lama berenang, zat klorin pada air kolam dapat mengiritasi lapisan hidung dan sinus.

Itulah pembahasan mengenai manfaat cabai untuk sinusitis. Sinusitis dapat dicegah namun apabila terdapat gejala yang bertahan selama seminggu alangkah lebih baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter dan melakukan pengobatan yang tepat.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan Anda. Salam sehat… ^_^


Anda Mencari Obat Sinusitis yang Terbukti Ampuh?

Sangat Tepat Kedatangan Anda di Ramdan Herbal
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Sinusitis untuk Bayi, Anak, Dewasa, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati sinusitis secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Obat Sinusitis yang Aman

Manfaat Cabai Untuk Sinusitis

One Comment on “Ini Dia Manfaat Cabai Untuk Sinusitis

  1. Pingback: Makanan Sehat Untuk Para Penderita Sinusitis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *