Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya

By   May 14, 2016

KENALI Penyebab serta Gejala Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya yang Paling EFEKTIF, Aman dan Direkomendasikan Para Ahli Kesehatan

Tahukah Anda, Apa Itu Sinusitis ?

Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya

Sinusitis adalah peradangan pada sinus. Hal ini sering disebabkan oleh bakteri (kuman) infeksi. Kadang-kadang, yang menyebabkannya ialah virus dan jamur. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih mudah untuk mengembangkan sinusitis bakteri atau jamur. Beberapa orang yang mempunyai alergi dapat memiliki “sinusitis jamur alergi.” Penyakit sinus akut berlangsung selama tiga sampai delapan minggu. Penyakit sinus yang berlangsung lebih dari delapan minggu dianggap kronis.

Sinus adalah rongga berisi udara. Mereka biasanya berada pada :

  • Struktur dalam tulang pipi
  • Belakang dahi dan alis
  • Di kedua sisi jembatan hidung
  • Belakang hidung langsung di depan otak

Infeksi pada rongga sinus yang dekat dengan otak dapat mengancam kesehatan, jika tidak ditangani dengan serius. Dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebar ke otak. Gejala sinus yang normal yaitu terdapat lapisan lendir yang tipis dan memerangkap debu, kuman dan partikel lainnya di udara. Rambut- rambut kecil berfungsi seperti proyeksi di sinus yaitu menyapu lendir (dan apa pun yang terperangkap di dalamnya) terhadap bukaan yang mengarah ke bagian belakang tenggorokan. Dari sana, itu menuju ke bawah ke perut, proses yang berkelanjutan ini merupakan fungsi tubuh normal.

Penyakit sinus terjadi jika aliran normal lendir terhenti dari sinus ke bagian belakang tenggorokan. Lalu rambut kecil seperti “penyapu” menjadi tersumbat, ketika terjadi infeksi atau alergi menyebabkan jaringan hidung kecil dan membengkak. Pembengkakan menjadikan lendir terperangkap di sinus.

Apa Saja Gejala Sinusitis ?

Gejala sinusitis umumnya meliputi :

  • Hidung tersumbat
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada gigi
  • Batuk
  • Demam
  • Bau Mulut
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Lendir berwarna kuning atau kehijauan
  • Berkurangnya indra pengecap dan penciuman

Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya

Berikut beberapa metode atau cara yang bisa dilakukan untuk pengobatan atau pencegahan sinusitis :

PERAWATAN DI RUMAH

Jika gejala dirasa ringan dan berlangsung kurang dari seminggu atau lebih, biasanya anda dapat mencoba metode sederhana yang bisa anda lakukan di rumah tanpa harus ke dokter.

Beberapa tips berikut dapat membantu anda merasa lebih baik :

Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya

  • Meminum obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol dan ibuprofen, untuk meredakan suhu tinggi dan nyeri. Jangan memberikan aspirin pada anak di bawah usia 16 tahun.
  • Menggunakan semprotan hidung, berguna untuk membantu hidung yang tersumbat menjadi sedikit lebih longgar, tetapi tidak boleh digunakan untuk lebih dari seminggu pada suatu waktu.
  • Mengkompres dengan air hangat pada area sekitar hidung, ini juga bisa berguna untuk meredakan sedikit rasa sakit.
  • Menggunakan metode pencucian hidung dengan menggunakan air garam, berguna untuk membantu mengeluarkan lendir di dalam rongga hidung.
  • Menggunakan terapi herbal / mengkonsumsi suplemen herbal, karena beberapa ahli Cina juga menyatakan manfaat beberapa bahan herbal yang baik untuk peradangan sinusitis.

Baca juga artikel : 11 Tips Mudah Menangani Sinusitis di Rumah

PERAWATAN DOKTER

Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya

Jika anda mulai mengalami gejala yang semakin buruk, yaitu gejala semakin meningkat dalam waktu 7 sampai 10 hari, Para dokter mungkin merekomendasikan pengobatan tambahan dengan menggunakan tetes kortikosteroid atau antibiotik. Jika perawatan ini tidak membantu, dokter mungkin akan merujuk ke spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk proses pemeriksaan lebih lanjut dan mendiskusikan apakah operasi adalah pilihan yang cocok.

  • Tetes kortikosteroid, kortikosteroid juga dikenal sebagai steroid yaitu kelompok obat yang dapat membantu untuk mengurangi peradangan. Dokter mungkin meresepkan obat tetes atau semprotan hidung steroid untuk membantu mengurangi pembengkakan. Ini mungkin perlu digunakan selama beberapa bulan. Efek samping yang mungkin ditimbulkan yaitu iritasi hidung, sakit tenggorokan dan mimisan.
  • Antibiotik, jika sinusitis diduga terjadi akibat terinfeksi bakteri, maka dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengobati infeksi. Biasanya dikonsumsi selama seminggu atau sesuai yang diresepkan dokter. Kemungkinan efek samping yang ditimbulkan obat ialah : diare, dan nyeri pada perut.

OPERASI

Jika gejala semakin bertambah buruk, meskipun telah dilakukan berbagai macam perawatan seperti yang dicontohkan di atas, langkah terakhir yaitu operasi yang disebut bedah sinus endoskopi fungsional (FESS) yang mungkin disarankan. Operasi tersebut berguna untuk meningkatkan drainase lendir dari sinus anda.

FESS biasanya dilakukan dibawah anestesi umum. Selama operasi, ahli bedah akan memasukan endoskopi ke dalam hidung anda. Endoskopi adalah tabung tipis dengan lensa di salah satu ujung yang berguna untuk memperbesar bagian dalam hidung anda, langkah ini dilakukan untuk membantu ahli bedah untuk melihat pembukaan sinus anda dan melakukan instrumen bedah kecil.

Dokter bedah kemudian akan melakukan :

  • Penghapusan jaringan, seperti pertumbuhan polip hidung, yang terkena dan menghalangi sinus.
  • Mengembangkan balon kecil di bagian drainase untuk memperluas di sekitar sinus anda, sebelum balon tersebut mengempis dan dihapus ( ini dikenal sebagai balloon catheter dilation )

Efek samping yang ditimbulkan diantaranya ketidaknyamanan sementara dan pengerasan kulit pada hidung, pendarahan dari hidung dan juga infeksi. Pastikan sebelumnya untuk berkonsultasi dengan dokter bedah anda terlebih dahulu sebelum melakukan proses operasi.

Anda Mencari Obat Sinusitis ALAMI Tanpa Efek Samping ??

Sangat Tepat Kedatangan Anda di Ramdan Herbal
KINI HADIR… QnC Jelly Gamat, Ahlinya Obat Sinusitis untuk Bayi, Anak, Dewasa, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Telah teruji klinis dan TERBUKTI AMPUH mengobati sinusitis secara ALAMI dengan reaksi cepat. Legalitasnya terjamin dengan terdaftar di DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229 serta bersertifikat HALAL dari MUI.

Harga QnC Jelly Gamat MURAH, Hanya Rp 155.000 perbotol, belum termasuk ongkir.
>> BELI BANYAK, HARGA LEBIH MURAH <<

INFORMASI PEMESANAN KLIK → Penyembuhan Sinusitis Terbaik

Itulah penjelasan mengenai Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan mengantarkan Anda menuju kesembuhan yang selama ini Anda impikan. Aamiin

Penyakit Sinusitis dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *